Selasa, 21 Juni 2011

10 makanan sahabat otak anda


1. Minyak ikan untuk brain maintenance

Fungsi otak yang melemah dan juga ingatan yang bermasalah seringkali disebabkan karena kurangnya Omega 3. Jika tidak suka minyak ikan, Anda bisa juga mendapatkan Omega 3 dari telur, kacang-kacangan dan sumber lainnya.

2. Polong untuk energi otak

Tidak hanya fungsi memori dan berpikir yang perlu Anda cukupi dengan Omega 3, otak juga butuh asupan energi dari glukosa yang bisa Anda dapatkan dari makanan bergula. Namun makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan, jadi polong-polongan akan menjadi sumber glukosa yang lebih sehat untuk kecukupan glukosa Anda.

3. Pisang untuk menenangkan otak

Hanya pisang yang mengandung magnesium sekaligus vitamin B6. Kedua nutrisi ini penting untuk metabolisme asam amino dan bertanggung jawab terhadap produksi serotonin dan GABA, pemicu good mood dan rasa senang.

4. Hati untuk kecerdasan

Walaupun kuliner Barat sering menganggap hati sebagai bahan tak layak makan, namun nyatanya kandungan zat besi dalam hati baik untuk suplay oksigen ke otak.

5. Berry penangkal kerusakan otak

Strawberry, blackberry dan blueberry adalah sumber vitamin C dan zat antioksidan yang menangkal radikal bebas perusak sel otak dan sel syaraf. Dengan sirkulasi darah yang sehat, kebutuhan oksigen tercukupi sehingga bisa berpikir lebih jernih.

6. Kerang untuk fungsi otak

Selain kaya vitamin B12 dan lysin (protein yang baik untuk syaraf), kerang-kerangan kaya oligo-elements yang berfungsi menangkal stres, kecemasan dan masalah mental lainnya.

7. Telur untuk konektivitas otak

Telur terkenal tinggi asam amino, lecithin dan phospholipid yang diperlukan dalam proses memori, sistem syaraf dan juga mempengaruhi intelektual seseorang.

8. Bayam untuk ingatan yang baik

Otak butuh zat besi dan juga serangkaian vitamin B, dan semuanya itu ada di sayur bayam. Kekurangan vitamin B9 yang banyak terdapat di bayam bisa menyebabkan penurunan memori dan kewaspadaan.

9. Cocoa untuk stimulasi otak

Kita tahu coklat murni atau cocoa mengandung kafein dan amphetamine yang bisa mendongkrak konsentrasi dan semangat seseorang. Namun cocoa juga tinggi magnesium dan antioksidan yang menjaga fungsi otak bekerja dengan baik.

10. Alpukat untuk otak awet muda

Buah alpukat tinggi vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi jaringan lemak otak dari penuaan. Untuk yang satu ini, tidak hanya otak Anda yang akan tetap segar karena vitamin E juga baik untuk peremajaan kulit. So, cantik dan cerdas sampai tua bukan lagi hal yang sulit dicapai!

Selasa, 14 Juni 2011

Black Pepper Beef Fettuccine

~

Tiap kali ke Pizza pasti pasta ini yang selalu dipesan, penasaran banget pengen bikin sendiri tapi baru kesampaian.. hasilnya 11 12 lah sama yg di Pizza.. :9

Bahan:
250 g spaghetti/fettucine
2 sdm minyak sayur
4 siung bawang putih, cincang halus
1 siung bawang bombay, potong dadu
1 buah paprika hijau, buang bijinya, potong dadu
1 buah paprika merah, buang bijinya, potong dadu
150 g daging sukiyaki, potong-potong
3 sdt merica hitam butiran, memarkan agak halus
4 sdm saus tiram
2 sdm soy sauce
garam secukupnya
kecap manis sesuai selera (jika suka)

Taburan:
Keju Parmesan

Cara membuat:
  • Rebus fettucine dalam air (beri minyak sedikit agar tidak menempel)  hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
  • Tumis bawang putih lalu bawang bombay hingga wangi.
  • Masukkan daging, aduk hingga daging berubah warna.. beri sedikit air masak hingga daging matang dan kuah sedikit mengering.
  • Tambahkan paprika, masukkan merica hitam, saus tiram, soy sauce, garam & kecap manis. Aduk hingga rata.
  • Masukkan fettucine, aduk hingga rata.
  • Angkat, beri bahan Taburan. 

Kamis, 26 Mei 2011

Susu UHT Vs Susu Formula

~
Susu segar merupakan cairan yang berasal dari kambing atau sapi yang sehat dan bersih. Susu diperoleh dengan cara pemerahan yang benar dan kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun.

Susu bubuk berasal susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Umumnya pengeringan dilakukan dengan menggunakan spray dryer atau roller drayer. Umur simpan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dengan penanganan yang baik dan benar. Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk prowder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder) dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk prowder).

Sedangkan susu UHT merupakan susu yang diolah menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derajat celcius) selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segarnya.

Dari berbagai susu tersebut, yang paling disarankan adalah susu UHT. Karena berdasarkan beberapa penelitian, menyebutkan susu yang diproses secara UHT dapat mempertahankan nilai gizi lebih baik daripada proses pengolahan lainnya. Indikatornya adalah prosentase kerusakan lisin atau asam amino pembatas.

Seiring dengan kemajuan teknologi, susu UHT kemudian dikemas menggunakan enam lapis kertas, plastik polyethylene, dan alumunium foil yang mampu melindungi susu dari udara luar, cahaya, kelembaban, aroma luar, dan bakteri. Susu UHT dalam kemasan aseptik ini tahan disimpan dalam suhu kamar sampai 10 bulan, tanpa bahan pengawet. Dengan kemasan tersebut, susu terhindar dari bakteri perusak minuman dan tetap segar serta aman untuk dikonsumsi.

Susu UHT juga merupakan susu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada. Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu zat gizi, relatif tidak berubah.

Kesimpulannya, memang harga susu UHT sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan susu sapi bubuk.Tapi, susu yang berbentuk bubuk (powder) lebih mudah ditambahkan berbagai macam 'campuran' oleh produsennya dibandingkan dengan susu yang berbentuk cair - susu UHT. Jadi... jangan heran kalau susu bubuk saat ini sudah banyak campurannya. Dari yang 'basic ingredients' seperti bahan2 untuk standarisasi, bahan pengisi, gula/pemanis (makanya susu bubuk rasanya cenderung lebih manis kan?), pengawet, flavor + aroma + pewarna, dsb...(mohon koreksi kalau ada masukan lainnya); sampai beberapa unsur yang difortifikasi... yang katanya sih untuk brain development seperti AA,DHA, ARA, Spingomyelin, FOS, dkk...  

Untuk mengganti kehilangan dan kerusakan zat-zat gizi tersebut, produsen susu bubuk melakukan penambahan zat gizi (fortifikasi). Pada gilirannya penambahan zat gizi ini disadari dapat menjadi nilai jual produknya. Sehingga iklan-iklan susu saat ini banyak menonjolkan penambahan zat-zat gizi tersebut.

Sayangnya, penambahan za-zat gizi tersebut mengakibatkan tingginya harga susu bubuk. Mengapa? Karena untuk penambahan zat gizi kedalam makanan, diperlukan teknologi isolasi zat gizi dari bahan pangan aslinya, kemudian zat gizi ini harus dijaga stabilitasnya baik dalam keadaan murni, saat ditambahkan ke dalam susu bubuk, maupun saat susu bubuk tersebut direkonstitusi (penambahan dan pencampuran air agar dapat diminum selayaknya susu segar).


Lagi pula, zat-zat gizi yang diklaim oleh produsen telah ditambahkan ke dalam susu (AA, DHA, Triphtopan, Omega -3, dan lain-lain), sebenarnya telah tersedia dalam jumlah besar dalam makanan yang kita konsumsi. Tidak perlu proses isolasi dan stabilisasi yang mahal.


Salah satu zat gizi yang ”dijual” produsen susu bubuk adalah DHA (merupakan salah satu bentuk Omega 3). DHA dapat kita temukan dalam ikan tuna, ikan kembung, ikan tenggiri, ikan sardin/lemuru, ikan salmon, dan ikan –ikan lain yang hidup di laut dalam. Dan tentunya, sekilo ikan tuna seharga Rp.20.000,- jauh lebih murah dibandingkan sekaleng susu bubuk yang difortifikasi dengan DHA.


Selain itu sekarang sedang marak iklan tentang prebiotik. Produsen memang pintar membuat konsumen yang tidak tahu istilah-istilah tersebut menjadi merasa harus memberikan kepada anak-anak mereka. Padahal prebiotik adalah salah satu bentuk karbohidrat rantai sedang yang tidak dapat dicerna oleh enzim-enzim pencernaan sehingga dapat menjadi media tumbuh bifidobacterium. Nama-nama keren prebiotik adalah inulin, FOS, oligomanosa, oligogalactosa. Tapi sebenarnya prebiotik itu ada dalam bawang merah, bawang putih, kacang kedelai, asparagus, dan lain-lain.

Sedangkan susu UHT, selain susu sapi murni dan susu skim untuk standarisasi, tidak diberi campuran macam2 termasuk preservative/pengawet, karena prosesnya sendiri sudah memungkinkan produk ini memiliki umur simpan yang cukup lama, yakni hingga 1 tahun dalam suhu ruang (masih dalam kemasan steril dan dalam keadaan tertutup). Beberapa susu UHT ada pula yang diberi tambahan flavor, aroma, pewarna serta gula/pemanis (agar rasanya mendekati aslinya). Untuk itu, disarankan untuk mengkonsumsi Susu UHT yang Plain (tanpa tambahan flavor dan gula/pemanis).Itu adalah perbandingan antara susu UHT dan susu bubuk.Kemudian kalau memang untuk memenuhi kebutuhan kalsium, dan sebaiknya diambil dari sumbernya langsung tanpa tambahan macam2,

Bagi anak, berikan susu UHT dengan rasa plain. Karena lebih sedikit gula serta zat artificial didalam susu tersebut. Apabila kemasan susu UHT telah dibuka, maka susu tersebut harus disimpan pada kulkas karena susu UHT harus dihindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi (di atas 50 derjat Celcius), sebab dapat terjadi gelasi yaitu pembentukan gel akibat kerusakan protein.

Sumber :  berbagai macam sumber

Makanan yang boleh dikonsumsi dan yang dihindari ketika hamil

~

Tercukupinya nutrisi yang baik dan seimbang selama hamil sangat diperlukan untuk  tumbuh kembang janin dalam kandungan. Ibu hamil setidaknya mengkonsumsi 300 kalori lebih banyak dibandingkan sebelum hamil.
Walaupun selama kehamilan kadang mengalami mual dan muntah, perut kembung dan terasa penuh, keluhan buang air besar dan buang air kecil, tidak berarti asupan nutrisi turut terganggu.
Ada beberapa rekomendasi pola makan selama hamil

Pola makan yang baik ketika hamil:
  • Makanlah beragam makanan untuk mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Pola makan harian dapat berupa enam hingga 11 porsi roti dan biji-bijian, dua hingga empat porsi buah, empat atau lebih porsi sayuran, empat porsi susu atau produk susu, dan tiga porsi sumber protein (daging, unggas, ikan, telur atau kacang) . Batasi penggunaan lemak dan gula.
  • Pilih makanan tinggi serat seperti nasi, roti gandum, sereal, pasta, buah-buahan, dan sayuran.
  • Pastikan Anda memperoleh cukup vitamin dan mineral dalam diet harian Anda saat hamil. Anda harus mengkonsumsi suplemen vitamin prenatal untuk memastikan Anda secara konsisten mendapatkan cukup vitamin dan mineral setiap hari. Sebaiknya diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan suplemen vitamin
  • Makan dan minum setidaknya empat porsi susu atau produk susu (keju, yoghurt) dan makanan tinggi kalsium (sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kacang-kacangan, seafood) perharinya untuk memastikan bahwa Anda memperoleh 1000-1300 mg kalsium dalam diet harian Anda selama kehamilan.
  • Cukupi tubuh dengan Vitamin D untuk membantu penyerapan dan penggunaan kalsium tubuh Anda. jumlah yang cukup vitamin D dapat diperoleh melalui paparan sinar matahari dan makanan seperti susu, telur, dan ikan.
  • Makanlah setidaknya tiga porsi makanan yang kaya zat besi per hari untuk memastikan Anda memperoleh 27 mg zat besi setiap hari.
  • Konsumsi setidaknya satu sumber vitamin C setiap hari, seperti jeruk, jeruk bali, stroberi, melon, pepaya, brokoli, kembang kol, kubis, paprika hijau, tomat, dan sawi. Wanita hamil membutuhkan paling tidak 70 mg vitamin C sehari.
  • Makanlah setidaknya satu sumber asam folat yang baik setiap hari, seperti sayuran berdaun hijau gelap, daging, dan kacang-kacangan. Setiap wanita hamil membutuhkan sedikitnya 0,4 mg asam folat per hari untuk membantu mencegah kelainan otak dan sumsum tulang janin.
  • Konsumsi setidaknya satu sumber vitamin A. Sumber vitamin A termasuk wortel, labu, ubi jalar, bayam, labu air, lobak, bit hijau, aprikot, dan melon. Namun hati-hati dalam minum suplemen vitamin A yang berlebih, dosis > 10.000 IU / hari dapat menyebabkan kecacatan pada  janin.
Makanan yang dihindari ketika hamil
  • Hindari makanan yang mentah seperti sayuran (lalapan, salad), daging dan aneka seafood yang masih mentah atau dimasak setengah matang mentah seperti kerang , oysters.
  • Seafood hidup di laut dangkal dari laut yang telah tercemar limbah, seperti kerang, kepiting, udang kecil bahakan hati-hati mengkonsumi ikan bandeng.
  • Telur mentah atau setengah matang karena mengandung enzim yang menghambat penyerapan nutrisi.
  • Daging olahan
  • Makanan tinggi lemak,dan gula
  • Mie instan yang  tinggi kadar MSG dan pengawet
  • Batasi minum kopi /kafein 300 mg per hari. Sebagai contoh satu gelas kopi hitam mengandung 80 -150 mg kafein.
  • Minuman instan yang banyak mengandung gula.
  • Hindari alkohol selama kehamilan. Alkohol berhubungan dengan persalinan prematur, keterbelakangan mental, janin lahir cacat, dan berat bayi lahir rendah (BBLR).
  • Susu yang belum dipasteurisasi
Semoga bermanfaat :))

Minggu, 22 Mei 2011

Gulai Cumi isi Tahu

~

Bahan-Bahan :


  • 500 gr – cumi-cumi putih, bersihkan, lumuri perasan jeruk nipis
  • 1 - 2 bh – tahu, hancurkan
  • 6 siung – bawang putih
  • 8 bh – bawang merah
  • 2 bh – Cabai merah (saya pakai 12 buah, jika suka pedas)
  • 1 sdm – ketumbar
  • 1/2 sdm – merica
  • 3 bh -  kemiri
  • 1/4 sdt – jinten
  • 1 ruas – jari kunyit
  • 1 btg – sereh, geprek
  • 4 lbr – daun jeruk
  • 1 ruas jari – lengkuas
  • 1 lbr – daun kunyit
  • 1 sdm – daun bawang
  • 400 ml – santan
  • secukupnya – garam & gula


Cara Pembuatan


Bersihkan kembali cumi-cumi,ambil bagian kepalanya,sisihkan

Haluskan semua bumbu kecuali sereh,lengkuas,daun jeruk & daun kunyit

Ambil lk 1sdt bumbu halus,campurkan dengan tahu dan daun bawang,aduk rata

Masukkan kembali kepala cumi-cumi kedalam badan cumi-cumi dengan posisi terbalik & tentakelnya yang dimasukan terlebih dahulu

Lalu masukan tahu secukupnya,semat dengan tusuk gigi,lakukan sampai habis

Kukus cumi-cumi hingga masak lk 20min

Tumis bumbu hingga harum,masukan daun jeruk,sereh,lengkuas & daun kunyit aduk rata

Masukan santan,aduk,tambahkan garam & gula,cicip

Terakhir masukan semua cumi-cumi,rebus sebentar hingga kuah meresap pada saat mau dihidangkan tie cabut dulu tusuk giginya .. siap deh..

- Bubur Sumsum Biji Salak -

~

Malem-malem ke pasar sama suami, liat ubi seger-seger banget,, inget punya resep biji salak.. langsung lah minta 1 kg ubi dibungkus sama si abang,. Ga lupa bikin bubur sumsumnya juga buat pendamping biji salak.. Jadinya mirip deh sama yg dijual abang-abang bubur sumsum bilak di depan kantor *Maap ya bang, saya udah bisa buat sendiri,, jd jarang beli deh  :))

Resep Asli NCC

Bahan :
500 gr ubi merah, kukus, haluskan
3 sdm tepung sagu ( saya ditambah kan 1 sdm lagi)
500 gr gula jawa
1 lt air
500 ml santan kental
1/2 sdt garam
1 lb daun pandan ( saya pakai 2 lbr )
 
Cara membuat :
Masukkan tepung sagu kedalam adonan ubi yg telah dihaluskan, aduk rata. Bentuk bulatan sesuai selera.
Masak gula jawa bersama air hingga mendidih dan gula larut, saring, didihkan kembali.
Masukkan bulatan ubi ke dalam cairan gula, masak hingga bulatan ubi mengapung. Matikan api.
Masak santan, garam, dan pandan hingga mendidih, angkat.
Sajikan biji salak bersama santan nya. 
 
* Untuk resep bubur sumsum sudah ada di postingan sebelumnya.. 

Oseng2 Mercon

~

Minggu pagi pengen banget makan yg seger-seger gt, bolak-balik buku resep akhirnya kecantol sama resep ini,, klo aslinya sih daging, berhubung dagingnya msh di meat shop  :D jd pake ayam aja.. pedesnya ga ilang2 dibibir,, bikin yang makan mau tambah nasi terus..  Selamat mencoba bunda, tp klo yg ga suka pedes, waspada ya ;p

BAHAN:
500 gr tetelan daging sapi ( diganti ayam, dipotong kecil2)
2 lbr daun salam
5 sdm minyak goreng

BUMBU:
250 gr cabai rawit merah
9 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt garam
bumbu penyedap bila suka

CARA MEMBUAT:
Rebus tetelan daging sapi hingga empuk. Tiriskan. Iris kecil-kecil. Sisihkan (Rebus ayam yg sdh dipotong, hingga matang, tiriskan).

Siapkan bumbu di dalam wajan, beri 1/2 gelas air. Ungkep hingga air menyusut. Haluskan.

Tumis bumbu yang telah halus, tambahkan daun salam, aduk. Masukkan tetelan daging sapi. tambahkan air kadu sedikit, Aduk-aduk hingga bumbu meresap & air kaldu agak mengering.

Sajikan.

Selasa, 17 Mei 2011

SeLaLu MenggiLa Bersama

~
Genk yang terdiri dari para sepupu2an ini selalu menggila bersama.. Ga pandang tempat dan usia lg dah, wkakakakak... Tiap bulan selalu kumpul, cuma sekedar buang2 duit *gaya dikit..  Rutinitas yg ga pernah ketinggalan tuh "nyanyi2" klo udah ditempat karaoke, udah rusuh tuh ruangan.. suara ampe kedengeran ke ruangan tetangga sebelah... kekekekekeke... Tp selalu seru..

Suka ria sama2..
photo seasion ga pernah ketinggalan :)

Ga cuma karaokean, kadang juga touring bareng, nonton bareng, kuliner bareng... hahaha.. Diantara anggota genk yg paling sesepuh ya suami gw,, kekeke (maap ya bee, tp emang nyata kan walaupun cuma beda 3 taunan) Dan gw juga yg udah pecah telor (udah married mksnya) yg laen msh single.. Tp mudah2an mereka cpt pd nyusul, okeh..okeh..

Touring ke Puncak
me, fany, windy, yani, wiris, aya (genk cewe) @ XXI
Mabar @ PIZZA

Seneng klo udah ngumpul bareng,, Semoga aja Genk yang terdiri dari keluarga ini tetep eksis & kompak., Jarang2 kan sesama sepupu jaman edan kaya skrg bisa deket & sering2 kumpul....Yang ada juga kebanyakan pada cuek & saling ga kenal mungkin sesama saudara...  Semoga aja itu ga terjadi sama Kita.. amien. 
i Love u all,, kiss & hug.. :))

Kue Putu Ayu


Enak banget buat tmn minum teh, rasanya tradisional bgd euy.. bikinnya jg ga ribet, patut dicoba ya bunda2.. :)) 
Bahan:
- 2 butir telur
- 75 gr gula pasir
- 125 tepung terigu
- 1 sdt emulsifier
- 1 sdt garam
- 1 sdt vanili bubuk
- 100 cc santan cair direbus dulu sampai mendidih
- kelapa muda parut kasih garam sedikit, lalu dikukus
- 1 sdm pasta pandan
- 1 sdt pewarna hijau

Cara membuat :
- Campurkan telur, gula pasir, garam, emulsifier dan vanili dalam satu wadah. Kocok sampai adonan mengembang. Kemudian masukkan tepung terigu dan aduk hingga rata.
- Masukkan santan cair, pewarna hijau dan pasta pandan. Aduk sampai semua tercampur.
- Ambil cetakan putu ayu, olesi minyak lalu taburi kelapa kukus di bagian paling bawah.
- Tuang 1 sdm penuh adonan, lalu kukus +/- 10 - 15 menit
- Setelah dirasa sudah matang, angkat. sajikan.

Minggu, 01 Mei 2011

:: Croissant ::

~

Si croissant ini emang paling enak buat sarapan, cari yang praktis jadi pake puff pastrynya yang siap pakai, hehehe... rasa gurihnya bikin kita ga mau berenti,, klo bikin sendiri bisa sepuasnya makan tp kalo beli & mau sepuasnya harus keluarin kocek tebal cyiinn, secara klo dah dibakery ni croissant harganya lumayan deh..  :)) 

Bahan :

500 gr  Puff Pastry siap pakai
Meises ceres
Coklat blok, potong dadu
Keju chedar, parut kasar
1 butir kuning telur

Cara membuat :

Potong puff pastry sesuai selera dan bentuk
Isi dengan coklat blok atau meises ceres
Gulung atau bentuk sesuai selera, olesi dengan kuning telur dan taburi atasnya dengan keju atau meises,.

Krim sup jagung ^^

~

Ceritanya lg diet jadi bikin makan malem sup deh, pas yang ada bahannya jagung.. jadilah krim sup jagung ini, em.. lezatos... 

Bahan :
1,5 ltr kaldu ayam
1 siung bawang Bombay, iris
2 siung bawang putih, cincang
2 bh jagung, sisir halus
1/2 dada ayam rebus, iris kecil
5 sdm susu bubuk instant (Dancow)
3 bh sosis ayam, iris-iris (optional)
5 lbr smoke chicken, potong dadu (optional)
1 sdm seledri iris atau daun bawang
6 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
garam, lada secukupnya
margarin (minyak goreng) untuk menumis

Cara membuatnya :
Rebus irisan jagung dengan air kaldu sampai mendidih lalu masukkan irisan ayam.
Tumis bawang Bombay dengan margarin sampai harum lalu masukkan ke panci kaldu.
Larutkan susu instant dengan air panas secukupnya lalu masukkan ke panci (musti diaduk sebentar-sebentar).
Tambahkan garam dan lada secukupnya.
Tumis irisan sosis dan smoke chicken sebentar lalu masukkan ke panci.
Masukkan juga irisan seledri.
Kecilkan api lalu masukkan larutan maizena sambil diaduk rata hingga sup mengental. Biarkan mendidih sebentar sambil diaduk. Angkat.

Selasa, 26 April 2011

.:: Mencintaimu hingga akhir waktu ::.



Perjalanan hidup ini menemukanku denganmu
 Perjalanan ini membawaku menjadi bagian dari hidupmu
Perjalanan yang memberikanku kebahagiaan yang luar biasa
Perjalanan yang tidak pernah membuatku lelah tuk selalu mencintaimu

Engkau adalah perjalanan cintaku
Engkau adalah belahan jiwaku
Waktu demi waktu kita lalui bersama
Waktu demi waktu membuatku semakin mencintaimu
Sepenuh hati sedalam cintaku setulus hatiku
Selamanya aku akan mencintaimu hingga akhir waktuku


Minggu, 24 April 2011

Donat Kentang Aneka Rasa

~

Lagi pengen Donat Kentang, klo beli udah biasa.. So, ga ada salahnya klo coba bikin sendiri.. Dengan PDnya untuk pertama kalinya pula bikin, langsung 2 resep (dengan uk. 1 kg terigu) hahahha *dalam hati berdoa " semoga sukses dan ga bantet " Dan ternyata hasilnya suskess cyiinnn, jadinya buanyakkk banged (secara 1 kg tepung gt), donatnya jg empuk.. alhasil gw nambah terus, urusan diet mah belakangan,, wkakakak :))

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin
 
Untuk Hiasan bisa disesuaikan dengan selera masing2 : 
Gula kastor (gula halus untuk donat)
Meises Ceres
Coklat blok yang dilelehkan
Keju parut
Cream untuk olesan

Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
  3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat

Ini ada tips sukses membuat donat kentang boleh copas dari yang lebih ahli, kalau ikutin step by stepnya pasti berhasil :

1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu tanpa ada yg boleh ketinggalan satupun, meski garam sekalipun.
2. Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan setengah kalis.
3. Haluskan kentang sampai benar-benar halus, kalau perlu pake blender, supaya adonan bisa licin dan gak gradakan :)
4. Setelah Halus Dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Terus kalau tidak dalam keadaan dingiiiinnn…waaa.., raginya langsung mati deh.
5. Buat adonan hingga kalis elastis, ikuti step by step pada resep, hingga ketika dibulatkan permukaannya halus licin. Bulatan yang halus dan licin akan membentuk donat yang bulat cantik ketika digoreng/merekah.
6. Istirahatkan adonan lk. 20 s/d 30 menit (tergantung cuaca), tutup dengan plastik spy permukaannya tidak kering.
7. Lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit, buat gerakan memutar pada lubang donat ketika donat mulai digoreng dan merekah, agar bentuknya membundar cantik. Gerakan memutar (sentrifugal) akan membantu terbentuknya donat yang bundar.
8. goreng dengan panas sedang (supaya donat matang sempurna sampai kebagian dalam) Bila salah satu sisi sudah kuning kecoklatan, segera balik, teruskan menggoreng sampai kedua sisi coklat. Angkat. Tiriskan.

Bubur Sumsum

~

Kesukaan suami dan juga bapak,. setiap buat ini bubur pasti mereka yg semangat ngabisin.. senangnya :)) dibanding beli gw lebih suka buat sendiri. Gampang kok.. Konon bubur ini bisa mengembalikan kekuatan kita *kata alm. grandma

Bahan bubur:
100 gr tepung beras putih (siap beli)
600-700 ml santan (hasil campuran dari 1 kotak santan instan dan air)
1 sdt garam
1 lbr daun pandan (kalau gw pakai 2 lembar)

Cara membuat:
1. Campur semua bahan jadi satu, harus benar-benar licin supaya nanti tidak menggumpal, lalu masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih dan meletup-letup.
2. Sajikan bersama kinca.

Bahan kinca:
250 gr gula jawa/aren
1 cangkir air
1 lbr daun pandan

Cara membuat:
Campur semua bahan kinca, masak hingga gula larut, lalu saring.

Rabu, 20 April 2011

MonaS

~
monas tampak dari samping
Liburan ke Monumen Nasional atau sering disebut monas sama sepupu & adik2 gw. Seru juga, liburan yang terbilang murah meriah. hehe. Sblum berangkat kami menyiapkan bekal untuk makan siang.. :9 karna emang niat kami kesana mo jalan2 + maksi di taman sekitaran monas, wkaka. dipikir cuma kita doank yang bawa bekal, ternyata eh ternyata buanyakkkkb o.!!!! ada yang makannya sambil jaim ada juga yang cuek bebek :))

buka bekel
Kalau mau masuk ke Menaranya, pintu masuknya lewat terowongan...mungkin biar antreannya ngga ngusak pandangan mata kali ya.. (xixixi). Tiket untuk dewasa Rp. 2.500 sedang untuk anak-anak Rp. 1.500.. lumayan murah lah ya...hanya saja kalo mo naek ke puncak monas mesti bayar lagi Rp. 7.500 (tiket merah) untuk dewasa dan Rp. 5.000 (tiket biru) untuk anak-anak... yang perlu diingat...antreannya bisa 3 sampai 4 jam, begitu sampai di puncak paling cuma 5 sampai 10 menit doang.... sepertinya kurang worted ya sama ngantrinya....Baru sempet maen di taman, museum sama ke puncak monas kaki udah gempor... Ampuuuuunnnn dah, mana panasnya nyengat banget cyiinnn..

with my lovely sista
Oh ya, kalau datang ke Monas hari Sabtu atau Minggu ada yang menarik juga. Ada Air manjur berjoget tapi adanya pukul 19.00 malam., dengan efek lampu-lampu yang disesuaikan alunan musik jadi seolah2olah air manjur bergoyang mengikuti irama musik.. Seru.. saat acara berlangsung, lampu disekitar taman akan dimatikan (mungkin supaya lampu-lampu yg berwarna-warninya terlihat lbh indah kali ya..) So nice..


Selasa, 19 April 2011

Beef BurgeR

~

Cocok untuk sarapan keluarga nih.. hidangan keluarga ini selain praktis, tambahan sayuran segar membuat hidangan ini cukup memenuhi kebutuhan gizi keluarga. ('',)

homemade beef burger
irisan daun slada
irisan tomat
irisan ketimun
irisan bawang bombay
keju cheddar lembaran (optional)
daging beef untuk burger / telur mata sapi (optional)

saus:
Saus cabai
Saus tomat
Saus mustard / mayonaise

cara membuat:
cara-1: goreng daging burger sesuai petunjuk pada kemasan. hangatkan roti burger menggunakan microwave atau dipanaskan dengan cara digoreng dengan sedikit margarine. atur daging dan sayuran diatas roti burger, beri lapisan keju apabila suka, bubuhi saus & mayonaise sesuai selera. santap begitu saja atau dgn french fries.
cara-2: siapkan sayuran, campur jadi satu, sisihkan. tumis daging burger sesuai petunjuk pada kemasan, sementara menunggu olesi roti burger dgn aneka sausnya sesuai selera, taruh selembar keju diatasnya, disusul daging burger yg telah selesai ditumis dan telur mata sapi, kemudian masukan burger ke dalam microwave, hangatkan hingga kejunya agak meleleh, keluarkan dari micro, santap hangat2 dgn sayurannya.

Spaghetti Bolognaise ala chika

~

















Ingredients:
Saus :
2 sdm margarin, untuk menumis
100 gr bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
200 gr daging giling
2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
¾ sdt oregano
¾ sdt basil
3 sdt gula pasir
1 lembar daun basil
6 sdm saus tomat
2 sdm pasta tomat
300 gr tomat segar, di blender

Spaghetti :
225 gr spageti
air untuk merebus
¼ sdt garam
1 sdm minyak goreng
Topping :
2 batang peterseli, cincang
4 sdm keju parmesan, untuk taburan

Directions:
1.. Saus : Panaskan margarin, tumis bawang bombay & bawang putih hingga harum, masukkan daging giling, masak hingga berubah warna. Masukkan garam, merica, oregano, basil, gula pasir, dan daun basil. Aduk sebentar, lalu masukkan saus tomat, pasta tomat, dan tomat yang sudah di blender.  Aduk dan masak terus di atas api kecil hingga mengental.
2. Spageti : Rebus spageti dalam air secukupnya (sampai spageti
terendam), bubuhi garam dan minyak goreng, aduk. Didihkan hingga
masak dan lunak (± 15 menit), angkat, tiriskan.
3. Atur spageti di atas piring datar, tuangi saus pasta, taburi keju parmesan dan peterseli sesuai selera. 

* Tambahkan saus sambal jika suka pedas :))  selamat mencoba


Senin, 18 April 2011

KuBah Emas

~
Masjid ini terletak di Maruyung, Cinere, Limo, Kota Depok.
Katanya Masjid ini mulai di bangun pada tahun 1999, dan di resmikan pada bulan April tahun 2006. Masjid ini merupakan milik pribadi dari Hajjah (Hj) Dian Djurian Maimun Al-Rasyid,seorang pengusaha dari Serang, Banten dan pemilik Islamic Center Yayasan Dian Al-Mahri. 

Yang istimewa dari Masjid ini adalah kubahnya yang berlapis emas, konon dari buku buletin yang dijual di pintu masuk masjid ini, emas yang dipakai adalah emas 24 karat dari itali. Sungguh luar biasa indah kubah dari masjid ini. Pintu masuk masjid ini pun dipisahkan antara pria dan wanita, dan di depan masjid ada tulisan dilarang masuk untuk anak yang berumur kurang dari 7 tahun. Selain itu untuk masuk ke dalam masjid, diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat, sehingga kalau berkunjung kesana khususnya kaum hawa harus mengenakan jilbab. Berhubung gw ga bawa jilbab jadi gw hanya duduk-duduk di depan halaman masjid ini. Alas kaki/sendal harus dititipkan ke bagian penitipan, dan tidak boleh ditinggal diluar. Hal inilah yang membuat pada jam-jam sholat, tempat penitipan alas kaki ini jadi sangat berjubel. 

bergaya di halaman masjid
Pengunjung dilarang menginjak rumput yang ada di taman sekitar mesjid. Ada juga tempat berteduh dan sekerar beristirahat, di seberang masjid di ruang serbaguna yang disediakan. Biasanya para pengunjung menggelar tikar di ruang serba guna ini sambil menikmati keindahan masjid ini. 

Emasnya kinclong bener..

Minggu, 17 April 2011

Oldies City of Batavia (KoTa Tua)

~
Musium Fatahillah
Lahir di Jakarta. Besar di Jakarta. Sekolah di Jakarta. Kerja di Jakarta. Bagi orang-orang yang masuk di golongan di atas, kudu wajib mesti ini mah berkunjung ke Kota yang paling tua di jakarta yaitu Kota Tua..

Minggu yang lalu-lalu, gw dan sepupu-sepupu beserta pasangan masing-masing, berkunjung rame-rame ke Taman Fatahillah, atau dikenal juga dengan nama kawasan Wisata Kota Tua Jakarta. Abis bosen ngemall molo, sekali-kali jalan2 + belajar boleh donk., Tempat yang tepat karena Kawasan Wisata Kota Tua dan Taman Fatahillah ini dahulunya merupakan pusat kota dan pusat pemerintahan di jaman Belanda. Terdapat juga berbagai macam objek wisata lainnya, seperti : Pelabuhan Sunda Kelap,  Museum Sejarah (Museum Fatahillah),  Museum Wayang dan Museum Seni Rupa, Kali Besar, Museum Mandiri dan Stasiun Kereta Api Kota.  Selain itu juga ada Cafe Batavia yang juga unik karena berada di gedung yang juga bergaya kolonial.

didepan PT. Kerta Niaga
Waktu sampe sana berasa kaya orang dulu, secara orang-orang yang dateng juga pada begaya layaknya orang doeloe.. hehehe.. ( biasa banyak sekumpulan anak2 muda yang katanya gaoel pada begaya bak model...) Banyak juga calon-calon pengantin yang pada foto prewedding,. Ga mo kalah gw & sepupu juga langsung cari tempat yg pas n ambil pose dimana-mana, tanpa rasa malu.. pokoknya ada sudut sedikit langsung gaya.. 1..2..3.. cissss,,,,,  :p

Ini termasuk wisata yang terbilang murah & edukatif juga karena banyak ilmu yang bisa kita ambil disana. Tiket masuk museumnya pun murah, tinggal ngerogoh kocek 1.000/orang / museum bisa menikmati ke unikan tiap2 musiumnya..

Berikut adalah kenarsisan kami di Kota Tua  \(´▽`)/

sepeda-sepeda yg siap disewakan , tinggal pilih
with suami
me & my best friend
my cousin & sisters di depan cafe Batavia

Main Air di"Curug Cilember"

~
Curug 7

Cilember ada di desa Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Curug ini udah terkenal dan beberapa kali nongol di TV., Katanya sih ada tujuh buah air terjun yang ada di kawasan ini. Tapi udah 4 kali kesana ga pernah gw sampe ke 7 air terjun itu, mentok-mentok sampe curug 5 doank, wkakakak.. secara cyiinn medannya susah bener, kek lagunya ninja hatori ,. * halah.... :p klo paling bawah itu curug 7, nah curug ke1 nya yang terletak di paling atas. 

curug berapa ya.. *lupa
Pertama kesini waktu jaman sma, camping 2 hari 1 malem,. Asli gelap gulita yg keliatan cuma gigi tmn kita aja klo lg ngobrol, huauauauauaua.. :D , dinginnya nusuk sampe-sampe gigi gw pada tabrak2an.. Bener-bener sunyi, yang ada cuma bunyi pohon yg lagi bergoyang, gemericik air terjun, burung2 pada nyanyi (burung apa tau horor bgd buat gw mah).. sama suara orang-orang yang pada camp, nyanyi2, teriak2.. * menurut gw sih mereka pd teriak-teriak biar membunuh rasa dingin yg merasuk tuh.. modusnya dah bikin orang ga bisa tidooorrr... tapi seru, bawaannya camp disini pgn makan molo :9 *Saran : klo mau camp. disini bawa mantel/baju hangat yg buanyakk sama persediaan makanan yg banyak juga, bawa jas ujan juga bole secara ujan molo, sama bawa uang yang cukup biar ga blangsak disana & satu lagi klo mau suasana yang tenang jangan kesana saat libur nasional karena jalan macet, tempat wisata juga rame bgt..

Papan petunjuk curug
Nah klo yang ini sih perjalanan ke Cilember yang ke 4 sama sepupu-sepupu yang tergabung dalam the Famz genk,, hahahahah... Touring yang tidak direncanakan, tlpnya jam 11 malem, ngajak jalannya besok pagi.. haduuhhh (tp justru yg dadakan itu yang jadi, klo direncanakan batal terus) 

Untuk harga tiket Rp. 9.000 per orang (jaman 2010) keknya sekarang udah naik deh,. Fasilitas disini juga udah cukup  lengkap, ada mushola, toilet, restoran & juga toko cenderamata.

Kegitan wajib saat jala-jalan :D
Owh ya ada juga tulisan yang bikin orang yang ngebaca bakalan down duluan.. :))  Papan petunjuk bertuliskan :
Jalur menuju Curug 5-4-3-2, Hindarilah Bahaya Banjir Longsor!
Busyet deh!, belum apa sudah di-takut2in longsor segala nih.

Selalu narsis dimanapun berada :))
Ayo-ayo.. ramai2 kesini, ada juga villa-villa besar tepat menghadap ke air terjun yang disewakan untuk umum dengan biaya 800 ribu/malam (harga sih jamannya gw camping disana, klo sekarang ga tau deh). Cocok buat piknik keluarga asal jangan ajak nenek & kakek kita ya, kasian cuy diajak ndaki gunung :)) 

diatas jembatan menuju curug
Sebagai info :
Wana Wisata Curug Cilember.
Desa Jogjogan - Cisarua.
Cilember Adventure Camp :
Bpk.Idang - Event Organizer & Out-bound Training.
Telpon: 0251-258890
HP: 0818922615.

Puding Tahu Cocktail ^^

~

Panas-panas makan puding ini,, hmm... :9 langsung suegerrr & adem... Enak banget apalagi makan pudingnya pake air sirup dari cocktail & buah longan (kelengkeng)  kalengan... Glekkk... pengennya nambah terus. Dinamain puding tahu bukan berarti puding "tahu" beneran loh yaa. Cuma karena warnanya yang putih kek tahu, makanya namanya begitchu...

Porsi besar :)


Bahan:
1 bungkus agar-agar putih
1 kaleng susu kental manis (kecil)
1 kaleng buah cocktail
1 kaleng buah leci/longan





Caranya:
1. Tuang ke dalam panci agar-agar, susu kental, dan air sebanyak 3X takaran kaleng susu kental manis *jadi abis nuangin si susu, tambahin aja air sebanyak 3 kali ukuran kaleng susu itu*.
2. Aduk aduk deh sampe mendidih.
3. Tuang ke cetakan, tunggu sampai agak keras, masukkan ke kulkas.
4. Tuang buah koktail dan leci diatas puding.
5. Santaaaaaaapppppp!:)

Bitterballen

~

Yang satu ini adalah resep favorite keluarga, tapi bitterballen ini sudah gw modifikasi sendiri,, xixixixi.. Tp tenang resep asli tetep kok dicantumin.. 

Bahan :
• 2 siung Bawang putih, cincang halus
• ½ buah Bawang bombay, cincang halus
• 60 gram Margarin
• 75 gram Terigu Segitiga Biru
• 400 ml Susu cair
• 1 gram Pala bubuk
• 2 gram Garam
• 1 gram Merica bubuk
• 300 gram Daging sapi cincang (bisa diganti daging ayam sesuai selera aja)
• 1 batang Daun bawang
• 50 gram Keju cheddar, parut
• 2 butir Telur, kocok
• ± Tepung roti
• ± Minyak goreng

NB : klo modifikasi gw Daging diganti dengan 1 buah dada ayam besar, ditambah makaroni (direbus dulu hingga empuk) 150 gr, trus ditambah wortel 1/2 buah, 1/2 buah kentang dipotong dadu, ditambah sosis 3 buah, kacang kapri siap pakai 2 gengam.. bawang bombaynya saya pakai 1 buah, bawang putihnya 3 siung, klo bumbu2 yang lain disesuaikan aja untuk garam, dan gulanya (pengganti MSG)

Cara Membuat Bitterballen :
1. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
2. Masukkan terigu, aduk sampai rata kurang lebih 3 menit hingga terigu agak matang (bau terigu sdh hilang). Masukkan susu. Aduk sampai terigu tercampur rata dengan susu.
3. Taburkan pala, garam, dan merica.
4. Masukkan daging cincang dan daun bawang. Masak sampai matang.
5. Tambahkan keju. Aduk sampai keju agak meleleh. Angkat.
6. Bentuk adonan daging bulat-bulat seperti bakso.
7. Gulingkan pada telur kocok, lalu gulingkan pada tepung roti. Gulingkan lagi pada telur, kemudian pada tepung roti.
8. Goreng hingga matang.

NB : klo pakai ayam, ayamnya di rebus dulu hingga matang & air kaldunya jangan di buang bisa digunakan untuk tambahan (misal resep 400ml susu : 100 ml kaldu, sisanya 300 ml susu).. Untuk resep yng saya modifikasi wortel, kentang & sosis dimasukan setelah ayam/ daging)

Kamis, 14 April 2011

Bertamasya Ria diKebun Raya "Cibodas"

~
Perjalanan pertama ke Kebun raya Cibodas cuma ber4an, berhubung habis mengunjungi sanak sodaranya tmn, mampir deh kesini.. Kesan pertama,. Wow.. luas banged banyak pohon2 gede, air terjun, dan banyak tempat-tempat lain yang menarik..

Sedikit informasi tentang Cibodas nih, menurut data TNGP, rata2 curah hujan per tahun 4000mm, musim kemarau pun hujan turun. Rata2 suhu di Cibodasnya saja adalah 23oC, dipuncaknya bisa turun hingga 5oC. Januari Februari berfrekuensi hujan cukup sering dan disertai angin kencang. 

narsis b2
Dari gerbang masuk pertama, kita dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 per orang dan Rp 5.000 untuk mobil (semua harga per Juni 2008). Dari tiket itu tertulis atas nama Pemerintah Kabupaten Cianjur sebagai retribusi daerah wisata. Nah dari pintu gerbang pertama kita mengikuti jalan, lalu pilih arah yang ke arah kiri (yang lurus akan menuju ke Cibodas Mandalawangi).

anti & saya
 Di sini ada pintu gerbang lagi, pintu ini adalah pintu masuk ke kawasan Kebun Raya Cibodas, biaya sebesar Rp 6.000/orang dan Rp. 15.500 untuk mobil. Bisa parkir di tempat parkir, jika mau berjalan kaki ke dalam, tapi saran gw sebaiknya bawa kendaraan ke dalam areal Kebun Raya, terutama jika ada anggota keluarga yang sudah lanjut usianya atau membawa anak kecil soalnya jauh euy klo jalan (wlaupun blm pernah jalan sih).
Air Terjun

Ketika masuk areal kebun raya ini, kita langsung udara sejuk dan bersih yang membuat paru-paru kita bernafas lega, hmmmm... segernnya *andai jakarta kaya gini tp cuma ngarep..
Jalan yang mendaki dan meliuk2 menambah keindahan yg jarang bisa dinikmati di Jakarta. Seperti biasalah ga puas klo blm foto-foto,  disetiap tmpt yang bagus langsung pada ambil gaya, wkakakakka.. berasa model :P  

Klo Perjalanan ke 2 gw berangkat sama keluarga bulan Mei 2009, lebih seru karena rame2.. apalagi sma orangtua lengkap sudah kebahagiaan ini klo melihat mereka bahagia bisa tertawa lepas.. Indah deh pokoknya..

Ini dia keluarga besarku

adik & sepupu

Otw ke Air Terjun
Ga bakal nyesel lah kalo kesini, udara yang sejuk bikin hati kita tenang buat ngelupain sejenak masalah & kepenatan yang ada diJakarta *gubrakk,.. bahasa gw dah ah  :D Wisata yang terbilang murah ini recommend buat yg suka jalan ke kawasan Puncak, jgn lupa mampir ya..