Senin, 11 April 2011

Fruit Pie

~
Rasanya manis, asem, gurih, semua jadi satu saat sampai di mulut.. Buat yang ga mau ribet bisa bikin pie ini langsung di loyang pie gede, jadi ga perlua satu-satu step by step..

Cocok buat sajian arisan, reunian, atau teman minum teh,. mantab deh pokoknya..  :9

Bahan:
Kulit pie:
250 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
125 gr mentega, potong kotak-kotak, dinginkan
5 sdm air es

Vla:
500 ml susu cair
100 gr gula kastor
5 butir kuning telur
30 gr tepung maizena
1 sdm mentega
1 sdt vanilla ekstrak

Bahan siraman, didihkan:
1 sdt agar-agar putih
100 ml air
1 sdt gula

nb : untuk bahan siraman ini aku ga pake, karena pake aprikot jelfix
Topping:
1/2 kaleng mandarin orange, tiriskan
1 buah kiwi, belah 4 bagian, potong-potong tipis 3mm
6 buah strawberry besar, masing-masing potong melintang menjadi 4 bagian.

Cara membuat:
1. Kulit Pie : Panaskan oven 180 derajat celcius. Dalam satu wadah, campur tepung, garam dan mentega. Remas-remas dengan ujung-ujung jari hingga berupa remahan. Masukkan air es, uleni (tidak perlu sampai kalis) hingga tercampur rata.
2. Bentuk bulat, diamkan di kulkas selama 30 menit. Setelah itu, cetak ke cetakan mini pie, tusuk-tusuk dengan garpu, masukkan kembali ke dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian panggang selama 20-25 menit hingga matang dan kecoklatan.
3. Vla: Dalam satu wadah, campur sebagian susu, sebagian gula, kuning telur dan tepung maizena, aduk dengan whisk hingga tercampur rata. Panaskan sisa susu dan gula dalam saucepan dengan api kecil. Tuang campuran susu panas ke dalam campuran telur, aduk rata. Tuang kembali campuran tersebut ke dalam panci, masak dengan api kecil, hingga mengental dan meletup-letup. Angkat dari api.
4. Aduk terus hingga uap panasnya hilang. Masukkan mentega, aduk hingga tercampur rata. Terakhir, masukkan vanilla ekstrak, aduk hingga rata.
5. Penyelesaian : Tuang vla di atas kulit pie, tata buah-buahan di atasnya, olesi dengan aprikot jelfix / bahan siraman. Masukkan ke dalam kulkas hingga dingin. Siap disantap :9


Tidak ada komentar:

Posting Komentar